Kamis, 27 September 2018

Keistimewaan, Hal yang Dapat Diteladani, dan Pendapat Penulis


Tema 2
(Biografi Tokoh)
Keistimewaan,  Hal yang Dapat Diteladani, dan Pendapat Penulis

1.    Menentukan Keistimewaan Tokoh
Seorang tokoh dikatakan istimewa jika memenuhi syarat-syarat berikut:
1)      Seseorang yang berprestasi dengan ditandai adanya penghargaan, medali, anugerah, penobatan, juara, atau julukan, yang mana prestasi tersebut dalam tingkat nasional atau internasional.
2)      Sebagai orang yang pertama, pencetus, pendiri, pelopor, penggagas, atau pencipta, yang mana karya tersebut berpengaruh secara nasional atau internasional.
3)      Mampu melakukan sesuatu yang luar biasa yang mana hal tersebut hanya dapat dilakukan oleh sangat sedikit orang.
·         Keistimewaan Ir. Soekarno adalah proklamator dan presiden pertama,
·         Keistimewaan Habibie adalah pencipta pesawat terbang.
·         Keistimewaan Jendral Sudirman adalah menjadi jendral saat usia 32 tahun.
·         Keistimewaan Markus dan Kevin dan Kevin adalah juara All England termuda.

Langkah-langkah:
1.   Tanpa membaca teks/ilustrasi terlebih dahulu, carilah pada pilihan jawaban A,B, C, dan D pernyataan yang memenuhi syarat untuk dapat disebut istimewa!
2.      Setelah ditemukan, untuk memastikan, carilah pernyataan tersebut pada teks!

Soal UN 2017
Habibie dipercaya memegang jabatan penting, seperti Direktur Utama PT Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN), Dirut PT Industri Perkapalan Indonesia (PAL), Dirut PT lndustri Senjta Ringan, Kepala Otoritas Pengembangan Daerah lndustri Pulau Batam, dan Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Karena jasanya yang begitu besar terhadap pengembangan teknologi, khususnya pesawvat.terbang, Habibie dijuluki oleh masyarakat lndonesia sebagai Bapak Teknologi lndonesia. Meskipun Habibie menjadi warga negara biasa, Habibie masih terus mengabdikan diri untuk Indonesia.
Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ...
A. Habibie mendapat julukan Bapak Teknologi Indonesia.
B. Habibie masih terus mengabdikan diri untuk Indonesia.
C. Habibie menjadi Kepala Otoritas Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam.
D. Habibie menjadi Direktur Utama di PT Industri Pesawat Terbang Nasional.

Pembahasan:
Pernyataan yang memenuhi syarat untuk dapat disebut istimewa adalah “Habibie mendapat julukan Bapak Teknologi Indonesia.” karena julukan seperti itu pasti hanya diberikan pada seseorang yang punya prestasi luar biasa.  Pernyataan tersebut terdapat pada baris kelima teks. (Jawaban A)

2.    Hal yang Dapat Diteladani
       Sifat yang dapat diteladani dari seorang tokoh adalah sifat-sifat positif yang dapat ditiru oleh siapapun karena untuk melakukannya hanya membutuhkan kemauan, bukan kemampuan.  (besar hati, ramah, taat, patuh, jujur, adil, pemaaf, suka memberi, penolong, sabar, berjiwa sosial, senang bergaul, bijaksana, sederhana, tidak pendendam, cinta tanah air, selalu berusaha, pantang menyerah, semangat, menggunakan waktu untuk hal yang baik, dan lain-lain)
       Sifat yang tidak dapat diteladani dari seorang tokoh adalah sifat-sifat yang berhubungan dengan takdir, kemampuan otak atau materi. (pandai, terampil, kaya, tampan, anak raja, banyak prestasi, berpendidikan tinggi, punya banyak gelar,  dan lain-lain.)
·         Hal dapat diteladani dari Drs. Muh. Hatta adalah suka hidup sederhana.
·         Hal dapat diteladani dari Andrea Hirata adalah suka membaca.
·         Hal dapat diteladani dari Chairil Anwar adalah sabar dan tidak suka bersedih.
·         Hal dapat diteladani dari Presiden Jokowi adalah tidak mudah marah.

Langkah-langkah:
1. TTanpa membaca teks/teks terlebih dahulu, carilah pada pilihan jawaban A,B,C, dan D pernyataan berisi sifat atau tindakan sang tokoh yang dapat ditiru oleh siapa pun!
2.      Setelah ditemukan, untuk memastikan, carilah pernyataan tersebut pada teks!

Soal UN 2016
Jendral Sudirman salah seorang pejuang dan pemimpin teladan bagi bangsa ini. Pribadinya teguh pada prinsip dan keyakinan, selalu mengedepankan kepentingan masyarakat banyak dan bangsa di atas kepentingan pribadinya. Beliau selalu membela kepentingan tanah air, bangsa, dan negara. Hal itu dapat dilihat ketika Agresi Militer II Belanda. Ia, yang saat itu dalam keadaan sakit dan lemah, tetap ikut terjun bergerilya walaupun harus ditandu.
Hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah...
A.    pejuang yang anti-Belanda                      C. seorang tokoh besar revolusi
B.pemimpin besar perang gerilya                   D. teguh pada prinsip dan keyakinan
Pembahasan:
“Menjadi pejuang” (A), “tokoh besar revolusi” (B), atau “pemimpin besar perang gerilya” (C) adalah perbuatan yang tidak setiap orang dapat menirunya. “Teguh pada prinsip dan keyakinan” (D) adalah sifat dan tindakan yang dapat diteladani siapa pun jika mau.  Pernyataan tersebut terdapat pada baris pertama dan kedua teks. (Jawaban D)

3.    Pendapat Penulis Terhadap Tokoh
Pendapat ditandai pernyataan yang bersifat subjektif (bukan fakta). Pendapat ditandai pernyataan yang mengandung nilai rasa.
·      Jendral Sudirman adalah seorang yang lebih cinta terhadap negerinya daripada keluarganya.
·      Chairil Anwar adalah seorang idealis dan romantis.
·      Marga T adalah pengarang novel yang mampu mengharubirukan hati para pembacanya.

Langkah-langkah:
1.   Tanpa membaca teks/ilustrasi terlebih dahulu, carilah pada pilihan jawaban A,B,C, dan D pernyataan yang subjektif, berisi ungkapan perasaan penulis terhadap tokoh tersebut!
2.      Setelah ditemukan, untuk memastikan, carilah pernyataan tersebut pada teks!

Soal UN 2017
Habibie dipercaya memegang jabatan penting, seperti Direktur Utama PT Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN), Dirut PT Industri Perkapalan Indonesia (PAL), Dirut PT lndustri Senjta Ringan, Kepala Otoritas Pengembangan Daerah lndustri Pulau Batam, dan Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Karena jasanya yang begitu besar terhadap pengembangan teknologi, khususnya pesawat.terbang, Habibie dijuluki oleh masyarakat lndonesia sebagai Bapak Teknologi lndonesia. Meskipun Habibie menjadi warga negara biasa, Habibie masih terus mengabdikan diri untuk Indonesia.

Pendapat penulis terhadap tokoh pada teks tersebut adalah ...
A. Habibie menjadi Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia.
B. Habibie mendapat julukan sebagai Bapak Teknologi Indonesia.
C. Habibie mengabdikan diri untuk Indonesia walaupun ia warga negara biasa.
D. Habibie menjadi Kepala Otoritas Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam.

Pembahasan:
 Habibie menjadi Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia” (A) “Habibie mendapat julukan sebagai Bapak Teknologi Indonesia” (B), dan “Habibie menjadi Kepala Otoritas Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam.” (D) adalah fakta yang ada pada diri seorang Habibie.  Sedangkan pernyataan “Habibie mengabdikan diri untuk Indonesia walaupun ia warga negara biasa” .( C) adalah pendapat penulis. Pernyataan tersebut terdapat pada baris terakhir. (Jawaban C)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar