PANDUAN SUKSES
UN BAHASA INDONESIA
(Materi, Contoh,
Soal UN 2016 s.d. 2018, dan Pembahasan)
LEBIH CEPAT, LEBIH
TEPAT
- Panduan Sukses UN Bahasa Indonesia Lebih Cepat, Lebih Tepat mencakup semua SKL UN yang dibagi dalam 24 tema!
- Pelajari, pahami, dan kuasai materi pada setiap tema!
- Bacalah teks secara efektif dan sesuai kebutuhan pertanyaan karena teks dalam soal UN Bahasa Indonesia tidak semuanya harus dibaca!
- Agar lebih cepat dan lebih tepat, kerjakan soal UN Bahasa Indonesia sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat dalam panduan ini!
Tema 1
Kalimat Utama, Gagasan
Utama, Kesimpulan, Ringkasan, dan Kepaduan Paragraf
1.
Menentukan Letak
Kalimat Utama
Letak kalimat
utama ditentukan oleh gagasan penjelasnya. Letak kalimat utama di kalimat
pertama jika kalimat kedua, ketiga, dan keempat menjelaskan gagasan kalimat
pertama. Letak kalimat utama di kalimat keempat jika kalimat pertama, kedua,
dan ketiga menjelaskan gagasan kalimat keempat.
Contoh
1:
(1)
Ada beberapa manfaat yang terdapat pada jeruk nipis. (2)
Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis sangat ampuh mengobati
penyakit sariawan. (3) Selain itu di beberapa daerah, jeruk nipis
dimanfaatkan sebagai penyubur rambut. (4) Bagi pecinta minuman,
pasti sangat paham bahwa es air jeruk nipis sangat nikmat.
Penjelasan:
Obat sakit sariawan (kalimat
kedua), penyubur rambut
(kalimat ketiga) dan bahan minuman
(kalimat keempat) menjelaskan apa saja manfaat jeruk nipis (gagasan kalimat pertama.)
Letak kalimat
utama pada kalimat (1).
Contoh
2:
(1) Mula-mula, berdoalah
sebelum mulai mengerjakan soal. (2) Jangan lupa baca baik-baik petunjuk
mengerjakan soal yang ada, dan. (3) Sebaiknya kerjakan terlebih dahulu soal
yang Kalian anggap mudah. (4) Itulah beberapa petunjuk yang harus
diperhatikan ketika mengerjakan soal UN.
Penjelasan:
Berdoa (kalimat
pertama), baca petunjuk
(kalimat kedua) dan mulai dari soal
yang mudah (kalimat ketiga) menjelaskan
beberapa petunjuk yang harus diperhatikan saat mengerjakan soal UN (gagasan
kalimat keempat). Letak kalimat utama adalah
kalimat (4).
Langkah-langkah:
1.
Bacalah kalimat kedua dan perhatikan gagasan yang
terdapat pada kalimat tersebut!
2.
Carilah letak gagasan yang dijelaskan oleh kalimat
kedua tersebut pada kalimat pertama.
3.
Jika gagasan kalimat kedua tidak menjelaskan gagasan
kalimat pertama, cari pada kalimat terakhir
4.
Untuk menyakinkan, lalukan hal yang sama pada kalimat
ketiga.
5.
Jika kalimat kedua menjelaskan gagasan kalimat
pertama, maka letak kalimat utama pada
kalimat pertama.
6.
Jika kalimat kedua menjelaskan gagasan kalimat
terkhir, maka letak kalimat utama pada
kalimat terakhir (keempat).
Soal UN 2016
(1) Balap Sepeda Tour de Singkarak di Sumatera Barat
memulai debutnya pada awal Juni 2016. (2)
Balap sepeda berskala internasional ini hanya menargetkan 15 tim peserta (3) Selain tim-tim dari Asia, empat tim Eropa memastikan ikut serta. (4) Panitia penyelenggara juga merencanakan akan mengundang pembalap kelas dunia.
Balap sepeda berskala internasional ini hanya menargetkan 15 tim peserta (3) Selain tim-tim dari Asia, empat tim Eropa memastikan ikut serta. (4) Panitia penyelenggara juga merencanakan akan mengundang pembalap kelas dunia.
Kalimat utama
paragraf tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1) B.
(2) C. (3) D. (4)
Pembahasan:
“Target 15 tim peserta” (kalimat kedua), “empat tim
Eropa” (kalimat ketiga), dan “akan mengundang pembalap dunia” (kalimat
keempat) menjelaskan gagasan kalimat
pertama, yaitu siapa saja peserta Balap Sepeda Tour de Singkarak di Sumatera
Barat. (Jawaban
A)
2.
Menentukan
Gagasan Utama
Gagasan utama
adalah gagasan yang dijelaskan oleh kalimat lain. Gagasan utama biasanya
terdiri atas dua unsur.
· apa dan di mana:
banjir di Jakarta, penyebab kecelakaan kapal di Danau Toba
· apa dan apa:
keunikan kantong semar, penyebab banjir, korban longsor, manfaat kulit telur
· apa dan
bagaimana : hobi yang mengasyikkan, masakan padang mendunia.
Contoh
1.
Di
belakang rumahku terdapat pohon durian. Usianya 25 tahun. Pohon
itu ditanam kakekku waktu ayahku lahir. Hampir setiap tahun pohon itu
berbuah lebat,
Penjelasan.
usia pohon durian (kalimat
kedua), penanam pohon durian
(kalimat ketiga), dan keadaan pohon durian (kalimat keempat) menjelaskan pohon
durian di belakang rumahku.
Gagasan utamanya
adalah “Pohon durian di belakang rumahku” ( apa dan di mana)
Contoh 2.
Di
belakang rumahku terdapat pohon durian. Di dekatnya itu ada pohon
nangka yang batangnya besar. Sedang tak jauh dari pohon itu ada serumpun pohon
bambu. Selain itu ada juga pohon kelapa yang sudah tua.
Penjelasan.
Pohon
nangka (kalimat kedua), serumpun pohon bambu (kalimat ketiga), dan pohon kelapa (kalimat keempat) menjelaskan pohon-pohon
apa saja yang ada di belakang rumah selain pohon durian .
Gagasan utamanya adalah “Pohon-pohon di
belakang rumahku” ( apa dan di mana)
Contoh
3.
Di
belakang rumahku
terdapat pohon durian. Di dekatnya ada kolam ikan lele dengan ukuran
cukup besar. Selain itu, ada juga kandang ayam yang berpagar bambu.
Sedangkan berbatasan dengan rumah tetangga, terdapat selokan yang cukup
lebar.
Penjelasan.
Kolam ikan lele (kalimat kedua), kandang
ayam (kalimat ketiga), dan selokan (kalimat keempat) menjelaskan apa saja yang ada
di belakang rumah selain pohon durian.
Gagasan utamanya
adalah “Keadaan di belakang rumahku/” ( apa dan di mana)
Langkah-langkah:
1.
Bacalah kalimat kedua dan perhatikan gagasan yang
terdapat pada kalimat tersebut!
2.
Carilah letak gagasan yang dijelaskan oleh kalimat
kedua tersebut pada kalimat pertama.
3.
Jika gagasan kalimat kedua tidak menjelaskan gagasan
kalimat pertama, cari pada kalimat terakhir!
4.
Untuk menyakinkan, lalukan hal yang sama pada kalimat
ketiga!
5.
Apa yang dijelaskan oleh kalimat kedua dan ketiga
adalah gagasan utamanya.
Soal UN 2016
Penyakit gigi pada anak dapat berdampak pada kesehatan
masa depannya. Salah satunya adalah struktur gigi yang tak benar karena
kerusakan gigi terutama pada gigi susu. Sementara itu, sakit gigi karena gigi
berlubang dapat mengganggu aktivitas belajar sehingga prestasi pun akan
menurun.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...
A.
Dampak penyakit gigi pada kesehatan.
B. Kerusakan gigi berlubang
mengganggu aktivitas
belajar
C. Sakit gigi
berlubang dianggap hal sepela.
D. Gigi susu
berlubang menjadikan struktur gigi jelek.
Pembahasan:
“struktur gigi yang tak benar” (kalimat kedua) dan “mengganggu
aktivitas belajar” (kalimat ketiga) menjelaskan apa saja dampak yang dapat
ditimbulkan oleh penyakit gigi (kalimat pertama) (Jawaban A)
3.
Menentukan Simpulan
Paragraf
Kesimpulan
adalah sebuah pernyataan yang isinya mengikat pernyataan-pernyataan lain yang
terdapat dalam satu teks. Kesimpulan dapat berupa gabungan gagasan utama dengan
gagasan penjelas yang dianggap penting.
Contoh
Kegiatan
membaca sangat bermanfaat bagi siapa saja. Apa lagi bagi para
pelajar. Dengan membaca, banyak informasi dan ilmu yang akan didapat. Meskipun
begitu, kegiatan membaca ternyata belum menjadi bagian bagi Bangsa Indonesia. Hanya
sedikit yang mau meluangkan waktunya untuk membaca buku,
Gagasan utama paragraf tersebut adalah “Kegiatan
membaca bermanfaat” (kalimat pertama) Kalimat penjelas yang penting (dijelaskan
kalimat penjelas lain) adalah kalimat ketiga, “kegiatan membaca belum menjadi
bagian bagi Bangsa Indonesia”. Kesimpulan paragraf tersebut adalah kegiatan
membaca bermanfaat, tetapi belum menjadi
bagian bagi Bangsa Indonesia. (gabungan kalimat pertama dan ketiga)
Langkah-langkah:
1.
Tentukan gagasan utamanya!
2.
Cari pilihan jawaban yang diawali dengan gagasan utama
tersebut!
3.
Jika hanya terdapat satu pilihan jawaban, itulah
jawaban yang benar.
4.
Jika terdapat lebih dari satu pilihan jawaban, pilih
jawaban yang berisi gabungan gagasan utama dengan gagasan penjelas yang paling
penting (dijelaskan gagasan penjelas lain).
Soal
UN 2016
Penambahan
lahan sudah disadari menjadi kendala dalam pengembangan berbagai sektor.
Bertambahnya permintaan lahan dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah penduduk.
Selain itu, meningkatnya kesejahteraan penduduk membutuhkan pengembangan
pemukiman untuk tempat tinggal dan pengembangan industri untuk mencukupi
kebutuhan hidup.
Simpulan isi
paragraf tersebut adalah....
A.
Sektor
industri tidak berkembang karena ketidaksiapan infrastruktur.
B.
Pembangunan
kawasan industri membantu pembangunan infrastruktur.
C.
Dibutuhkan
lahan untuk mencapai kesejahteraan pangan.
D.
Penambahan
lahan dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan tingkat kesejahteraan.
Pembahasan:
Gagasan
utama paragraf tersebut adalah “kendala penambahan lahan” (kalimat pertama) Pilihan
jawaban yang diawali dengan kalimat tersebut hanya satu, yaitu D. Kalimat penjelas
yang penting adalah “bertambahnya jumlah penduduk” (kalimat kedua) dan
“meningkatnya kesejahteraan” (kalimat keempat). Kesimpulan paragraf tersebut adalah “penambahan
lahan dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan tingkat kesejahteraan.” (gabungan kalimat pertama, kedua, dan ketiga) (Jawaban
D)
4.
Menentukan Ringkasan
Teks
Ringkasan
adalah inti dari sebuah teks yang dapat berupa gagasan utama. Ringkasan sebuah
teks yang terdiri atas dua paragraf dapat berupa gabungan gagasan utama
paragraf pertama dan kedua.
Contoh:
Masker
wajah memiliki banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat
mengurangi lemak. Masker coklat dapat melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang
menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri. Menggunakan
masker wajah dapat menghaluskan dan menyehatkan wajah.
Agar
memberi hasil yang maksimal berikut ini adalah tip yang perlu diperhatikan. Gunakan
secara teratur. Gunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita
peroleh. Perhatikan petunjuk pemakaian agar tidak terjadi efek samping yang
tidak diinginkan.
Penjelasan:
“Mengurangi
lemak” (kalimat kedua), “melembabkan kulit” (kalimat ketiga), menghilangkan noda hitam dan “membuat kulit
wajah lebih berseri” (kalimat keempat), dan “menghaluskan dan menyehatkan
wajah” (kalimat kelima) menjelaskan
gagasan utama paragraf yaitu “fungsi masker” (kalimat pertama)
“Gunakan secara teratur” (kalimat kedua),
“Gunakan jenis masker sesuai dengan manfaat” (kalimat ketiga), dan “perhatikan petunjuk (kalimat keempat), menjelaskan gagasan utama paragraf yaitu “tip
penggunaan masker” (kalimat pertama)
Ringkasan teks
tersebut adalah gabungan gagasan utama paragraf pertama dan kedua, yaitu “fungsi
masker wajah dan cara penggunaannya.”
Langkah-langkah:
1.
Tentukan gagasan utama paragraf 1 dan 2!
2.
Cari pilihan jawaban yang merupakan gabungan kedua
gagasan itu!
Soal
UN 2017
Sakura atau cherry blossom, bunga nasional Jepang. Bunga ini terdiri atas
ratusan jenis. Periode berbunganya singkat, satu hingga dua minggu. Bunga sakura
berbunga pada musim semi, antara bulan Maret sampai Mei.
Di Jepang, dikenal kiasan “tujuh hari
bunga sakura”. Artinya sakura mulai mekar lalu layu kembali dalam tujuh hari.
Jika dihitung sejak bunga pertama mekar hingga bunga terakhir layu, membutuhkan
waktu setengah bulan.
Ringkasan teks
tersebut adalah...
- Sakura bunga khas Jepang yang mekar hanya pada musim semi saja.
- Bunga sakura mempunyai ratusan jenis, mekar antara bulan Maret – Mei.
- Sakura bunga nasional Jepang mempunyai waktu mekar selama tujuh hari.
- Bunga sakura bunga nasional Jepang yang mempunyai masa mekar singkat.
Pembahasan:
“ratusan
jenis” (kalimat kedua) dan “periode berbunganya singkat” (kalimat ketiga), dan
“berbunga pada musim semi, antara bulan Maret sampai Mei” (kalimat keempat) menjelaskan
“bunga nasional Jepang, sakura” (kalimat pertama). Gagasan utama paragraf
pertama adalah “bunga nasional Jepang, sakura”
“mekar
lalu layu dalam tujuh hari” (kalimat kedua), menjelaskan apa yang dimaksud “tujuh
hari bunga sakura” (kalimat pertama). “Jika dihitung sejak bunga pertama mekar
hingga bunga terakhir layu, membutuhkan waktu setengah bulan” (kalimat ketiga)
menjelaskan “mekar lalu layu dalam tujuh
hari” (kalimat kedua). Gagasan utama paragraf pertama adalah bunga
sakura mekar selama tujuh hari
Ringkasan teks tersebut adalah gabungan
gagasan utama paragraf pertama dan kedua, yaitu Sakura bunga nasional jepang
mempunyai waktu mekar selama tujuh hari. (Jawaban C)
5.
Menentukan Letak
Kalimat Tidak Padu
Kalimat
tidak padu adalah kalimat yang isinya tidak menjelaskan gagasan kalimat utama
atau gagasan kalimat lain yang terdapat pada teks tersebut.
Contoh:
(1) Pesisir Barat merupakan salah satu kabupaten
yang ada di Provinsi Lampung yang menyimpan surga destinasi wisata. (2) Provinsi
hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Barat ini merupakan surga bagi para pecinta
destinasi wisata pantai. (3) Ikan-ikan segar banyak terdapat di pasar ikan
kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat. (4) Banyak turis domestik
maupun mancanegara yang mengunjungi pantai-pantai yang ada di kabupaten ini
hanya untuk menikmati keindahan panorama alamnya ataupun hendak berselancar.
Penjelasan:
“surga pecinta destinasi wisata pantai” (Kalimat kedua) menjelaskan gagasan utama paragraf yaitu destinasi
wisata di Kabupaten Pesisir Barat (kalimat pertama) dan “menikmati keindahan
panorama alamnya ataupun berselancar” (k.alimat keempat) menjelaskan
“destinasi wisata pantai” (kalimat kedua). Sedangkan “Ikan-ikan segar di
pasar ikan kota Krui” (kalimat ketiga) tidak menjelaskan gagasan kalimat
lainnya, “destinasi wisata” (kalimat pertama, kedua, atau keempat). Jadi
kalimat tidak padu adalah ketiga.
Langkah-langkah:
1.
Tentukan gagasan utamanya!
2.
Carilah kalimat yang tidak menjelaskan gagasan
utamanya!
3.
Jika tidak ada, carilah kalimat yang isinya tidak
menjelaskan kalimat di depannya! (sebelumnya)
4.
Kalimat yang tidak menjelaskan gagasan utama atau
gagasan kalimat lainnya adalah kalimat tidak padu!
Soal UN 2016
(1) Berkebun adalah salah satu kegiatan yang
menyenangkan. (2) Berkebun dapat menyalurkan kegemaran dalam berkreasi berbagai
tanaman yang disukai. (3) Berkebun juga dapat menyalurkan rasa tidak suka
terhadap lingkungan sekitar. (4) Dengan berkebun, kita dapat menciptakan
lingkungan yang hijau, indah, dan asri/ (5). Kebutuhan ini dapat dipenuhi
apabila yang ditanam adalah berbagai macam tanaman sayur dan buah.
Kalimat tidak padu adalah....
A. 2 B.
3 C. 4 D. 5
Pembahasan:
“menyalurkan
kegemaran” (kalimat kedua) “menyalurkan rasa tidak suka” (kalimat ketiga) dan “menciptakan
lingkungan yang hijau, indah, dan asri” (kalimat keempat) menjelaskan gagasan
utama paragraf yaitu alasan mengapa “berkebun menyenangkan” (kalimat pertama).
Sedangkan “Kebutuhan sayur dan buah.” (kalimat kelima) tidak menjelaskan
gagasan utama (kalimat pertama) ataupun kalimat sebelumnya (kalimat keempat). (Jawaban
D)
6.
Memperbaiki teks
tidak padu.
Kalimat tidak padu adalah kalimat yang
isinya tidak menjelaskan gagasan utama atau gagasan kalimat lain. Untuk
memperbaiki kalimat yang tidak padu, ubahlah kalimat tersebut atau hilangkan.
Contoh:
(1)Pesisir Barat merupakan salah satu
kabupaten yang ada di Provinsi Lampung yang menyimpan surga destinasi wisata.
(2) Provinsi hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Barat ini merupakan surga
bagi para pecinta destinasi wisata pantai. (3) Ikan-ikan segar banyak
terdapat di pasar ikan kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat.
(4) Banyak turis domestik maupun mancanegara yang mengunjungi pantai-pantai
yang ada di kabupaten ini hanya untuk menikmati keindahan panorama alamnya
ataupun hendak berselancar.
Penjelasan:
Agar padu, kalimat ketiga dihilangkan atau diganti dengan
kalimat lain yang menjelaskan potensi wisata di Kabupaten Pesisir Barat
(kalimat 1) atau menjelaskan destinasi wisata pantai (kalimat 2).
Misalnya, selain pasirnya yang putih bersih, ombaknya
yang besar merupakan daya tarik sendiri bagi para pecinta olah raga selancar.
Kalimat tersebut selain menjelaskan kalimat kedua tentang
wisata pantai, tapi juga dijelaskan oleh kalimat keempat, yaitu tentang
peselancar.
Langkah-langkah:
1.
Tentukan gagasan utamanya!
2.
Carilah pilihan jawaban A,B,C, dan D yang menjelaskan gagasan
utama!
3.
Jika tidak ada, carilah pilihan jawaban yang isinya
menjelaskan kalimat di depannya (sebelumnya)
Soal UN 2017
(1) Pelangi dan efek cahaya lain di langit
disebabkan oleh cahaya yang membias dan menyimpang, menjauhi partikel. (2) Saat
matahari terbenam, langit menjadi merah karena sinar matahari lewat melalui
atmosfer yang jauh lebih tebal daripada ketika matahari berada tinggi di langit
pada siang hari. (3) Pelangi adalah hasil dari pembiasan cahaya. (4) Pelangi
akan tampak pada malam hari.
Perbaikan kalimat (4) pada paragraf tersebut
adalah..
- Pelangi akan tampak ketika cuaca mendung atau pada malam hari.
- Pelangi tidak akan tampak ketika cuaca cerah, pelangi kelihatan saat mendung.
- Oleh karena, pelangi akan tampak pada malam hari atau ketika cuaca cerah.
- Oleh karena, pelangi tidak akan tampak pada malam hari atau ketika cuaca mendung.
Pembahasan:
Gagasan utama paragraf tesebut adalah “pelangi
muncul akibat pembiasan cahaya” (kalimat pertama) Pilihan jawaban yang
menjelaskan gagasan tersebut sebagai pengganti kalimat keempat adalah “Oleh
karena, pelangi tidak akan tampak pada malam hari atau ketika cuaca mendung.
Kalimat itu juga menjelaskan “Pelangi adalah hasil dari pembiasan cahaya.” (
kalimat ketiga). (Jawaban D)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar